Cara Menghemat Uang Belanja Keluarga

Spread the love

Dalam kehidupan sehari – hari khususnya untuk ibu rumah tangga tentunya membutuhkan lebih banyak kebutuhan. Selain kebutuhan untuk masing – masing tiap anggota keluarga, ibu rumah tangga juga harus bisa memenuhi kebutuhan sehari – hari dalam rumah tangga. Ada bermacam – macam kebutuhan dalam rumah tangga tentunya memerlukan banyak biaya lebih yang rutin dikeluarkan. Jika tidak diatur denagn baik, biaya kebutuhan rumah tangga belanja akan membengkak, tentunya hal ini bukan hal yang baik dalam cara menghemat uang belanja bulanan kamu.

Biaya belanja bulanan adalah hal yang penting untuk untuk disiapkan setiap bulan untuk dapat membeli semua kebutuhan dalam rumah tangga. Hal tersebut memang harus diatur serta dialokasikan denagn baik agar dapat memenuhi segala kebutuhan penting dalam rumah tangga, kamu tentunya sangat menegrti bagaimana sulitnya menemukan cara mengehmat keuangan bulanan. Akan tetapi kamu tidak perlu terlalu pusing memikirkannya. Berikut adalah bebrapa cara mengehmat uang belanja bulanan yang anagt mudah dilakukan.

 

Tips hemat belanja kebutuhan untuk keluarga

1. Belanjalah di pasar tradisional

Di Pasar tradisioal kamu dapat memeberikan kamu keringanan dalam berhemat dibandingkan kamu harus belanja di supermarket, pasar tradisioanl tidak akan membebani para pembeli dengan berbagai pajak yang sering kali membuat harga barang menjadi sanagt mahal. Selain itu juga kamu masih bisa menawar dengan harga yang murah.

 

2. Belanja seminggu sekali

Belanja denagn jumlah banyak sekaligus memang bisa menghemat pengeluaran dibandingkan bembeli barang denagn satu – persatu. Karena itulah, kamu cukup belanja satu minggu sekali, jadi kamu lebih irit dalam mengeluargakan biaya. Meskipun tidak ada salahnya jika kamu mebeli barang satu atau dua yang memang harus dibeli dengan mengecer di warung terdekat dirumahmu.

 

3. Bedakanlah belanja harian denagn belanja bulanan

Agar uang dalam rumah tangga bisa diatur dengan baik, kamu harus bisa membedakan belanja bulanan dengan belanja harian. Kamu harus membagi masing – masing kategori belanja agar tidak tercampur karena belanja bulanan melibatkan bahan – bahan selain masakan yang tentunya labih mahal jika kamu membelinya eceran. Gunakanlah uang belanja harian untuk membeli barang eceran, sementara itu gunakanlah budget bulanan kamu untuk belanja kebutuhan bulanan untuk kamu dalam mengatur uang belanja.

 

4. Buatlah daftar belanja

Yang yang paling mendasar untuk menghindari pengelauran yang tidak perlu saat belanja yaitu denagn membuat daftar belanja. Daftar belanja yang kamu buat akan membantu kamu sesuai denagn yang kamu butuhkan. Tapi kamu juga harus menetapkan hati untuk tidak tergoda membeli barang – barang yang tidak begitu kamu butuhkan.

 

5. Berfikir sebelum membeli

Sebaiknya sebelum kamu membeli barang, berfikirlah dengan membuat perbandingan. Hal tersebut akan lebih menguntungkan untuk kamu dalam hal harga, apabila terdapat barang yang memeliki kualitas yang sama tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

 

6. Carilah Barang – barang degan harga diskon

Jika memungkinkan, belilah barang – barang kebutuhkan rumah tangga denagn harga diskon seperti pada Giant dengan Promo Giant terbarunya. Hal tersebut menguntungkan untuk mengehmat biaya pengeluaran. Tidak perlu segala kebutuha rumah tangga harus dibeli denagn harga diskon. Tapi apabila ada beberapa barang yang memiliki harga cukup mahal, kamu dapat membeli dengan harga murah, kamu bisa membelinya karena hal itu bisa membantu kamu dalam  meringankan beban biaya belanja.

 

7. Simpanlah nota pembelian

Dengan menyimpan nota di setiap transaksi belanja yang telah kamu lakukan bisa membuat kamu mengetahui berapa haraga barang – barang kebutuhan yang sudah kamu beli. Hal ini pastinya akan memudahkan kamu dalam mengatur keuangan. Kamu jadi bisa menghitung pengeluaran yang telah kamu keluarkan, sehingga kamu tahu berapa sisa uang yang msih bisa kamu belanjakan.

 

8. Simpanlah bahan makanan dengan baik

Menyimpan bahan makanan dengan benar tentu akan membuat kamu lebih bisa berhemat dalam mengelolah uang belanja, karena kamu tidak perlu lagi membeli kebutuhan lagi. Kamu hanya perlu menyimpan sisa – sisa bahan makanan dengan baik agar tidak mudah busuk. Tapi, hal harus kamu perhatikan adalah masa waktu penyimpanan bahan – bahan makanan tersebut.

 

9. Membuat bumbu masakan sendiri

Sekarang sudah banyak bumbu – bumbu masakan dijual instan. Pada dsarnya bumbu masakan instan akan memudahkan kamu dalam memasak, tapi sebaiknya kamu juga membuat beberapa bumbu masakan sendiri, apalagi jika bumbu masakan tersebut tergolong mahal, denagn membuat bumbu masakan sendiri akan membantu kamu berhemat.

 

10. Buatlah masakan yang tidak mudah basi

Masakan yang tidak mudah basi juga membantu kamu mengehemat uang belanja. Persediaan bahan – bahan masakan akan cepat habis jika kamu selalu memasak yang mudah basi. Periksalah dengan teliti masa waktu penyimpanan makan.

 

Demikianlah, informasi cara mengehmat uang belanja keluarga. Semoga bermanfaat dan membantu untuk kalian yang sudah berumah tangga. Terimakasih