Trik Belanja Hemat Untuk Gaji Dibawah UMR

Spread the love

Mempunyai gaji dibawah UMR terkadang membuat sebagian orang tidak bisa menyisikan pemasukan untuk menabung. Sehingga pemasukan dari uang gaji selalu habis tidak tersisa disetiap bulan. Tentunya hal seperti ini tidak boleh lama – lama dibiarkan begitu saja. Tabungan adalah hal yang penting dan bisa menstabilkan kondisi finansial kamu, bahkan dapat membantu kamu saat terjadi pengeluaran secara mendadak.

Untuk kalian yang bergaji dibawah UMR sekalipun, kamu akan tetap bisa menyisihkan uang gaji untuk dialokasikan ke tabungan, kamu cukup mengetahui cara – cara yang tepat.

7 Trik Belanja Untuk Anda Yng Bergaji Dibawah UMR

Berikut ini merupakan beberapa cara menabung bagi kalian yang memiliki gaji dibawah UMR:

1. Buatlah dua rekening tabungan atau lebih

Mempunyai dua rekening tabungan untuk yang kesulitan dalam mengelolah keuangan dengan nominal gaji yang terbilang kecil, maka cara ini yang bisa kamu lakukan dan sangat efektif. Kamu bisa membuat dua rekening tabungan atau lebih dari bank yang berbeda. Pilihlah rekening bank yang tidak memiliki potongan sebagai tempat penyimpanan gaji dan jangan membuat ATM, sehingga akan menahan kamu dari godaan – godaan untuk bisa mengambil uang kapan saja.

Untuk rekening lainnya kamu bisa gunakan untuk uang bulanan sebagai kebutuhan sehari – hari. Kamu tidak bisa menggunakan dana di rekening tabungan sebagai kebutuhan sehari – hari. Denagn ini akan lebih efektif untuk membuat kamu dapat mengatur keuangan agar lebih hemat dan tetap bisa menabung.

2. Aturlah anggaran pengeluaran dengan ketat

Pengeluaran yang membengakak biasanya karena adanya pengeluaran bulanan yang tidak terkontrol. Untuk itu, cobalah untuk lebih mengatur anggaran pengeluaran dengan ketat. Lakukanlah hal tersebut sebelum tanggal gajian datang, sehingga kamu mempunyai waktu yang lebih maksimal untuk melakukan penghitungan, pertimbangan, dan penyusunan anggaran yang lebih baik untuk keuangan. Susunlah anggaran kamu dengan baik, sehingga kebutuhan – kebutuhan prioritas kamu dapat terpenuhi semuanya. Cobalah menghindari untuk tidak membelanjakan uang dengan hal – hal yang tidak perlu dan akhirnya akan menjadi pemborosan.

3. Tetapkan target pribadi

Tidak hanya mengatur anggaran pengeluaran, tapi kamu juga perlu menetapkan terget pribadi. Lakukanlah penetapan nominal uang yang akan kamu simpan dan kamu gunakan sebagai kebutuhan sehari – hari atau setiap bulan. Besarnya nominal tersebut dapat kamu tentukan sendiri berdasarkan pemasukan yang kamu dapat setiap bulannya. Akan tetapi akan lebih baik dengan tidak menggunakan 30 – 50 % uang pemasukan untuk kebutuhan setiap bulannya.

4. Tetapkan dana darurat lebih awal

Mempunyai tabungan khusus untuk dana darurat bisa lebih memudahkan kamu, sebaiknya langsung saja menempatkan dana darurat lebih awal agar nantinya tidak ada alasan lagi untuk menggunakn dana tabungan tersebut. Dengan kamu menyisikan uang gajian lebih awal, itu akan memudahkan kamu untuk memiliki dana darurat karena gaji yang belum digunakan sama sekali. Dana darurat ini adalah hal yang penting yang harus diperhatikan karena akan memberiakn pengaruh besar ketika terjadi pengeluaran secara mendadak.

5. Cobal menabung setiap hari

Selain mempunyai tabungan bulanan, kamu juga bisa mencoba untuk menghemat pengeluaranmu sehari – hari. Walaupun ini tabungan harian, akan tetapi jika nominalnya cukup besar maka akan membuat jumlah tabunganmu semakin meningkat. Nah, usahakanlah untuk menghemat pengeluaran sehari – hari, mulai dari mencoba menggunakan transportasi umum yang murah, membawa bekal makanan ke kantor, dan bia kamu coba yang lainnya. Kegiatan menabung harian ini bisa membuat nilai tabuangn menjadi lebih besar yang kamu pikirkan.

6. Investasikan sedikit gaji ke hal – hal kecil

Kamu juga bisa mencoba untuk melakukan investasi kecil – kecilan sebagai tabunagn masa depan. Saat ini sudah banyak sekali jenis investasi dengan modal kecil yang bisa kamu lakuakn. Salah satunya adalah investasi emas, hal ini karena harga emas yang stabil dan banyaknya cara investasi lain yang dapat kamu lakukan. Bahkan kamu juga bisa membeli emas denagn cara mengansur sehingga cocok bagi kamu yang mempunyai gaji pas – pasan.

7. Jangan menggunakan kartu kredit

Menghindari penggunaan kartu kredit Tidak hanya mengurangi penggunaan ATM, akan tetapi pikirkan kembali jika kamu ingin menggunakan kartu kredit. Jika memang lebih banyak kerugian yang kamu dapatkan dan sedikit keuntungannya, maka kan lebih baik jika tidak menggunakan kartu kredit. Dari pada kamu harus menumpuk hutang di kemudian hari akan lebih baik untuk tidak menggunakannya sama sekali.

Mmepunyai gaji kecil atau besar, memang penting untuk menerapkan gaya hidup hemat dalm kehidupan sehari – hari. Gaya hidup hemat ini tidak hanya akan membuat kamu dapat menabung , tapi kamu juga membuat kondisi finansial lebih stabil, yang mana akan memberika pengaruh positif bagi kelangsungan hidup sampai hari tua nanti.